Sejarah Singkat Radio


http://www.tonisellas.cat/wp-content/uploads/2009/09/radio_cafe.jpg

Radio telah menjalani proses perkembangan yang cukup lama sebelum menjadi media komunikasi seperti sekarang ini. Dr Lee De Forest (1873-1961) dari Amerika Serikat dapat dianggap sebagai pelopor ditemukannya radio pada tahun 1916, sehingga ia dijuluki sebagai “the father of radio”.
Meskipun demikian, Guglielmo Marconi yang terkenal sebagai penemu telegraf tanpa kawat telah merintis penemuan teknologi radio sejak tahun 1894. Ketika ia membaca eksperiman Heinrich Rudolf Hertz (1857-1894) seorang ahli fisika berkebangsaan Jerman yang menemukan gelombang elektromagnetis dalam suatu majalah di Italia. Heinrich Hertz adalah penemu gelombang elektromagnetis.
Pada tahun 1895, Marconi mengadakan eksperiman dengan menggunakan dsar pengetahuan dari penemuan Hertz. Dalam eksperimen tersebut ia berhasil menerima sinyal tanpa kawat dengan jarak 1 mil dari sumbernya. Eksperimen lain yang berhasil dilakukan tahun 1896 yakni mengirimkan sinyal-sinyal tersebut dan dapat diterima dalam jarak 8mil. Penemuan inilah yang kemudian dikembangkan oleh Dr Lee De Forest yang juga memperkenalkan lampu vakum (Vacuum tube) untuk dapat menyiarkan suara yang masuk. Lampu vakum tersebut dikenalkan pada tahun 1906.
Pecahnya perang dunia I telah menghambat perkembangan radio. Sampai tahun 1919 siapapun tidak diizinkan untuk mengusahakan siaran radio. Pada tahun 1919, Dr Frank Conrad berhasil melakukan eksperimen menyiarkan music.
Dibidang teknologi usaha untuk menyempurnakan radio siaran telah dirintis oleh Prof E.H Amstrong yang memperkenalkan system FM (Frequency Modulation) sebagai penyempurna system AM (Amplitudo Modulation) yang biasa digunakan dalam siaran radio.

Sejarah Singkat Radio Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1997525-sejarah-singkat-radio/
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog