Dengan perawatan yang baik secara berkala, motor lama pun bisa tetap
seperti baru. Inilah tips2 dalam merawat motor agar si roda dua ini
tetap baik:
Cek Kondisi Oli
Oli
mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen
mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as
atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna
kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya
diganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi
pabrikan.
Cek Kondisi Aki
Jangan biarkan air accu
melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat
kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.
Jangan
biarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralah
menggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya.
Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan
korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama
yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau
bagian-bagian lainnya.
Jika memang motor anda mengalami hal
tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna
akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun
switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah
atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksa mendorong
sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi
transmisi.
Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan
rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat
rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan
putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena
jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut
tiba-tiba putus rantai?
Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan
keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat
ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat
keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan
busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.
Perhatikan Selang Bensin
Selang
bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan.
Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi
retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak
elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang
terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai
bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.
Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Panaskan
mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit
agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang
bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa
knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin
khan?.
Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.
Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.
Cek Baut Bodi Secara Berkala
Mungkin
kita sering tidak menyadari kalau baut bodi suka gampang kendor. Untuk
memastikannya, cek secara berkala, tiap selesai cuci motor misalnya.
Ingat! Kalau mengencangkan bautnya jangan terlalu kenceng banget, nanti takutnya yang ada dudukan bautnya yang retak.
So tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.
Sumber : arsip-artikel.blogspot.com
0 comments