Berkhalwat Di Dunia Maya


Berkhalwat Di Dunia MayaPertanyaan : Saya seorang pemuda, apakah berkhalwat di dunia maya seperti facebook, yahoo dan lainnya tidak di perbolehkan dalam pandangan islam, apalagi hingga membuat komunikasi yang lebih bersifat mengotori hati?

Fajar Setiawan, Medan

Jawaban : Bismillah, segala puji hanya bagi Allah, selawat serta salam semoga tercurah kepada Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam-.Berkhalwat didunia maya, seperti situs jejaring facebook, chatting lewat yahoo atau MSN dan lain sebagainya.

Jika pembicaraan itu bersifat biasa-biasa saja. dan membicarakan hal-hal yang memang diperlukan maka tidak mengapa asalkan tidak saling bertukan atau memasang foto, baik foto diri sendiri atau orang lain.

Sedangkan obrolan-obrolan yang dapat mengganggu hati dan obrolan-obrolan yang tidak diperlukan, maka sepatutnya untuk dihindari. apa lagi yang memasang foto profil dengan foto diri sendiri, ataupun memasang foto orang lain agar dilihat oleh siapa saja yang membuka profilnya, atau memasang foto-foto dirinya di situs jejaring tersebut yang dapat dilihat orang umum. maka itu tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang muslim. maka hindarilah!

Karena itu termasuk dari tujuan umum dalam firman Allah :

وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ذَلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ

Artinya : "Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri- isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka." (QS Al-Ahzab : 53)

Wabillahi At-Taufiq

http://www.artikelislami.com
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

2 comments

  1. top posting nya, silahturahmi balik gan http://www.blognusantaratronik.co.cc

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog