Pola Hidup Sehat Tangkal Penyakit Paru

Paru merupakan salah satu or­gan vital bagi kehidupan ma­nu­sia. Bila organ ini tidak dapat ber­fungsi, manusia atau mammalia sulit bernafas.




Ada beberapa penyakit paru yang sering dijumpai di Indo­ne­sia, yaitu asma, TB-paru, pneu­mo­nia, bronkitis, kanker-paru, em­fisema, bronkitis, dan pleuri­tis.

Untuk menangkal penyakit pa­ru, dr. Ahmad Hudoyo, Sp. P Dept. Pulmonologi FKUI menge­mu­kakan bahwa pola hidup sehat, gizi yang baik dan disertai olah­raga secara teratur penting dila­kukan.

Selain itu, lanjutnya, hindari po­lusi udara dan jauhi asap rokok atau berhenti merokok. Bila ingin berhenti merokok, ada lima cara yang bisa dilakukan.

Pertama, bisa langsung ber­hen­ti merokok. Kedua, berhenti de­ngan cara perlahan-lahan. Ketiga, ber­henti merokok dengan mem­be­rikan asupan obat-obatan. Ke­em­pat, dengan cara hipnotis. Ke­lima, bisa juga dengan aroma terapi atau akupuntur.

Hal senada juga diutarakan ahli gizi Sun Hope, Fatimah Syarief. Me­nurut dia, pada penyakit paru kerap ditemui malnutrisi ter­uta­ma bagi pasien dengan emfisema.

Ada 70 persen kasus penyakit paru disertai penurunan berat ba­dan, hilang massa otot, serta ku­rangnya asupan vitamin A.

Defisiensi vitamin A ini me­nu­run­kan kemampuan replikasi sel epi­tel dan menyebabkan dege­ne­ra­si sel yang menskresi mukus pa­da saluran nafas, sehingga pa­sien lebih muda terkena infeksi.

Infeksi pada paru inilah yang se­ring dijumpai menjadi penye­bab kematian pada pasien paru. Hal ni pun ternyata sangat ber­hu­bungan dengan insiden malnu­tr­isi yang terjadi.

Kalau kondisi ini tidak segera di­atasi, maka resistensi tubuh ter­ha­dap infeksi akan menurun ka­rena produksi antibodi oleh tubuh berkurang.

Penambahan suplementasi Me­ga Formula, multivitamin leng­kap dengan vitamin A dan B kom­pleks dapat dijadikan alternatif un­tuk meningkatkan asupan vi­ta­min A.

Mega Formula yang bersumber uta­ma dari ekstrak hari sapi dan ba­han nabati lainnya diperkaya de­ngan vitamin A, B1, B2, B3, B6 dan B12 serta L-metionin. rm

Source : rmexpose.com
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog