Semua Umat Muhammad Di Maafkan Kecuali


Semua Umat Muhammad Di Maafkan Kecuali
Setiap orang dari umat Nabi Muhammad -sholallahu 'alaihi wasallam- akan dimaafkan ketika berbuat salah/maksiat kecuali mereka yang terang-terangan.

Termasuk terang-terangan dalam kemaksiatan adalah ketika seorang melakukan kemaksiatan didepan orang lain. terang-terangan akan apa yang dia lakukan dari kemaksiatan. sehingga orang lain melihat dan dapat menyebabkan orang lain berbuat seperti yang dia perbuat. maka orang yang semacam ini tidak diampuni.

Macam kedua yang termasuk terang-terangan dalam kemaksiatan adalah ketika seorang melakukan kemaksiatan dan tidak ada orang yang mengetahuinya. akan tetapi setelah itu dia bercerita kepada orang lain bahwa dia telah melakukan kemaksiatan tersebut. maka ini juga termasuk terang-terangan dalam kemaksiatan. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

كُلُّ أُمَّتِي مُعَافًى إِلَّا الْمُجَاهِرِينَ، وَإِنَّ مِنَ الْإِجْهَارِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ فِي اللَّيْلِ عَمَلًا ثُمَّ يُصْبِحُ وَقَدْ سَتَرَهُ رَبُّهُ، فَيَقُولُ: يَا فُلَانٌ، عَمِلْتُ الْبَارِحَةَ كَذَا كَذَا، وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ يَبِيتُ فِي سِتْرِ رَبِّهِ وَيُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللهِ عَنْهُ

Artinya : "Semua umatku diampuni kecuali orang yang terang-terangan (dalam kemaksiatan). dan termasuk terang-terangan adalah ketika seorang melakukan (maksiat) pada malam hari, dan Allah telah menutupinya. kemudian orang itu berkata : wahai fulan, tadi malam aku telah melakukan begini dan begini. Allah telah menutupi (aib)nya tadi malam akan tetapi dia membuka (aibnya) sendiri pada pagi harinya." (HR Muslim)

http://www.artikelislami.com
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog