Peradaban Inca, Maya, dan Aztec di Amerika


Takut, menyeramkan, berkuasa, modern, serta glamor itulah yang terlintas dalam benak kita saat mendengar kata “Amerika”. Sebuah Negara adi kuasa di dunia ini dan seolah-olah pemegang sistem pemerintahan di dunia dengan segala teknologi dan kecanggihannya.


Melihat kebelakang kita akan menemukan Amerika dengan suatu peradabannya yang unik dan masih menjadi perhatian para arkeolog dunia untuk melakukan penelitian. Yaitu:


Peradaban Inca

Kerajaan Inca terletak di Peru yaitu sekitar danau Titicaca dekat pegunungan Andes. Pendirinya adalah Manco-Copac pada tahun 500 M
Dengan wilayah Kekuasaan : Bolivia, Chili, Brazilia dan Equador yang terjadi pada masa Raja Sinci Roca 1105 M. Raja Sinci Roca 1105 M merupakan pemersatu bangsa Indian.
Hasil kebudayaan Suku Inca:
Bangunan-bangunan Istana Megah terbuat dari batu.
Suku Inca percaya pada dewa-dewa. Dewa yang disembah adalah Dewa Viracocha (dewa pencipta alam ), Dewa Matahari, Dewa Bulan, Dewa Bumi dan Dewa Laut.


Peradaban Maya


Kerajaan Maya terletak di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah.
Dimana wilayahnya meliputi : Semenanjung Yukatan (Meksiko), Honduras, dan Guatemala.
Hasil Kebudayaan Suku Maya :
Mengenal tulisan yang disebut huruf Hierogliyph
Dengan mata pencaharian pokok sebagai pertanian
Telah mengenal Ilmu Astronomi :
Sistem Kalender berdasarkan peredaran matahari , 1 tahun = 365 hari
Sistem Kalender berdasarkan kepercayaan , 1 tahun = 260 hari
Teknologi tinggi, yaitu mampu membuat bangunan kuil yang tinggi dan bertingkat 229.

Kepercayaan suku maya memuja banyak dewa (politheisme), seperti Dewa laut, Dewa Matahari

Peradaban Aztec

Aztec (Aztecatl) adalah kata Nahuatl untuk "orang-orang dari Aztlán ", tempat mitologis untuk berbahasa Nahuatl budaya waktu itu, dan kemudian diadopsi sebagai kata untuk mendefinisikan Meksika orang Sering kali istilah "Aztec" merujuk secara eksklusif kepada Meksika orang Tenochtitlan (sekarang lokasi Mexico City ), terletak di sebuah pulau di Danau Texcoco , yang menyebut diri mereka sebagai Meksika Tenochca atau Colhua-Meksika. Kadang-kadang istilah ini juga mencakup dua pokok penduduk kota Tenochtitlan yang bersekutu-negara bagian, Acolhuas dari Texcoco dan Tepanecs dari Tlacopan, yang bersama-sama dengan Meksika membentuk Aliansi Triple Aztec yang juga dikenal sebagai Aztec Empire.
Kerajaaan Aztec berdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M. Kerajaan Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol, dengan raja terakhirnya Monte Zuma II. Pusat kerajaan Aztec yaitu didaerah semenanjung Yukatan-Mexico.
Hasil Kebudayaan suku Aztec :
kuil berbentuk piramida yang tengahnya berlubang untuk memasukan kurban (emas dan perak)
Konsep kepercayaannya menyembah dewa-dewa
Ditemukan patung di kota Vera Cruz, yang beratnya 30 ton sebagai perwujudan dewa utama yang disucikan
Mampu mengusahakan tambang emas dan perak
Suku Aztec tiap 52 tahun sekali mengadakan upacara besar-besaran yang dipusatakan di Hall of the Star, ibukota kerajaan Aztec.

Dari informasi di atas kita dapat mengetahui betapa kayanya dunia ini dengan berbagai kebudayaan yang unik dan berbeda ditiap belahan dunianya

Jangan lupa memberikan komentar, dan berbagi ilmu sejarah disini..
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog