Indonesia Kunci untuk Mengerti Masalah Iklim Global

Sebagai negara kepulauan dengan wilayah yang luas, bertopografi kompleks, serta jumlah penduduk besar, Indonesia merupakan kawasan kunci untuk mengerti masalah iklim di tingkat global. Pengetahuan yang menyeluruh tentang kondisi iklim Indonesia dinilai akan sangat membantu menekan dampak negatif pemanasan global yang diindikasi sedang dan akan terus terjadi di seluruh bagian dunia.


Hal itu mengemuka dalam workshop organisasi iklim dan hidrologi se-Asia yang digelar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Kuta, Bali, 3-10 September 2007. Hadir para ilmuwan dari sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. Prof Toshio Koike, pakar iklim dari Universitas Tokyo yang juga Eksekutif Direktur Lembaga Observasi Bumi dan Riset Fusi Jepang, menyatakan, ada tiga komponen utama yang menjadikan Indonesia sebagai kawasan kunci yang sangat berpengaruh bagi iklim di kawasan Asia hingga dunia.

Kedua, Indonesia adalah pusat sirkulasi monsun Asia yang kerap dilanda gejala alam El Nino dan La Nina yang tentu saja sangat berpengaruh bagi kawasan di sekitarnya. Itu menandakan kondisi atmosfer, daratan, serta lautan di Indonesia sangat besar artinya bagi daratan (negara) lain di sekitarnya. Ketiga, populasi yang besar dan tersebar di ribuan pulau dengan topografis kompleks menjadikan Indonesia acuan penanganan berbagai masalah yang terjadi akibat perubahan iklim ekstrem. Berdasar penelitian kami, beberapa bencana, terutama banjir yang melanda sejumlah kawasan Asia Tenggara dan Selatan, serta Australia akhir-akhir ini, tidak dapat dilepaskan dari banjir di Indonesia, khususnya banjir besar di Jakarta awal tahun ini.

Pengetahuan yang lebih utuh atas satu kawasan seperti Indonesia akan sangat berguna bagi kawasan lain maupun Indonesia sendiri.Pemantau atmosfer Kepala BPPT Prof Said D Jenie menyatakan, pemerintah berkolaborasi dengan lembaga iklim dan hidrologi sejumlah negara akan memperkuat penelitian iklim dan atmosfer di Indonesia.

Koike menyatakan, mengingat strategisnya posisi dunia dalam isu soal iklim global, pemerintah Indonesia diimbau untuk segera mengambil peran yang lebih besar dalam diskusi sekaligus memberikan persoalan perubahan iklim di tingkat global. Salah satu forum terdekat adalah pertemuan tahunan Group on Earth Observations (GEO) di mana Indonesia menjadi salah satu anggotanya. Pertemuan itu akan digelar di Afrika Selatan akhir November 2007.
Tags: ,

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog