Alasan Bersepeda ke Tempat Kerja

Sepeda, terkesan sangat simpel dan sederhana. Sebuah alat transportasi yang sudah sangat mendunia, seiring dengan berkembangnya jaman sepeda bukan hanya alat transportasi sederhana lagi. Sepeda saat ini menjadi alat transportasi yang vital terutama dikota-kota besar yang penuh sesak kendaraan bermesin.

Tahukah anda bersepeda ke tempat kerja saat ini sudah sangat mendunia, selain berkembangannya isu global warming dan semakin sesaknya jalan karena alat transportasi bermesin, sepeda menjadi alat transportasi pilihan saat ini.
Bike To Work“, sebuah semboyan yang marak kita dengar dan tak jarang terpampang di jalan-jalan tidak hanya di Indonesia tapi di mancanegara. Sebenarnya apakah alasan menggunakan sepeda ke kantor atau secara global dapat dibilang “reason to cycle to work”.
Ada lima alasan mendasar kenapa kita bersepeda ke kantor atau tempat kerja, Longer life (panjang umur), Improved Health (meningkatkan kesehatan), More Energy (meningkatkan tenaga), Lower Cost (murah dan hemat) dan Extra Fun (membuat hati kita selalu senang).
Lima alasan diatas sudah sangat umum dan wajar, para goweser rata-rata sangat paham hal tersebut – Bersepeda membuat diri  lebih baik dari orang lain dilihat dari sudut pandang manapun.
Berikut penjelasan lebih detail dari Cycling Plus, alasan kenapa kita harus bersepeda ke tempat kerja.
1. Merasa Selalu Senang dan Gembira
Bersepeda dapat membantu anda meningkatkan rasa percaya diri disamping kebugaran yang anda dapat. Menghabiskan waktu di luar (outdoor), akan sangat menghibur anda, hal ini berkat kemampuan sinar matahari yang mampu meningkatkan Hormon “Serotonin”.
Jadi jika anda merasa suntuk dan stress karena terlalu lama didepan meja kantor, saatnya anda bersepeda dan menikmati sinar matahari. Didalam kantor anda hanya akan mendapatkan 300lux dari lampu penerangan dan cahaya matahari yang masuk kantor, di luar kantor anda akan mendapatkan 1000lux sinar matahari meskipun cuaca mendung. Saat siang hari penuh sinar matahari mencapai 10.000-25.000lux. Jadi tunggu apa lagi, merasa stres di depan meja kantor, ambil sepeda dan berkelilinglah sejenak.
Manfaat mendapatkan sinar matahari lebih, anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Stanford University School of Medicine melakukan riset mengenai hal tersebut, banyak penderita insomnia (susah tidur), melakukan refresing dengan bersepeda cukup 20-30 menit setiap hari, hasilnya waktu tidur mereka terus bertambah.
Professor Jim Horne from Loughborough University’s Sleep Research Centre menjelaskan, “berolahragalah diluar ketika matahari sedang bagus”, “Ini membantu mendapatkan ritme tidur yang kembali normal, hormon yang menunjang tidur-sehat kembali normal”.
2. Panjang Umur
Dr Lynn Cherkas dari King’s College London, mengatakan “Penelitian kami menemukan bahwa mereka yang berolahraga secara teratur sangat rendah resiko terhadap penyakit jantung, diabetes tipe II, semua jenis kanker, tekanan darah tinggi dan obesitas”.
Menurut Yayasan Jantung Inggris, sekitar 10.000 serangan yang jantung fatal bisa dihindari setiap tahunnya jika kondisi seseorang selalu bugar. Studi dari Universitas Purdue di Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa bersepeda dengan teratur – bahkan paling sedikit 20 mil seminggu – dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen.
Bersepeda juga dapat menghindarkan anda dari penyakit pencernaan, menurut Dr Ana Raimundo “Aktivitas fisik membantu mengurangi waktu yang diperlukan makanan yang bergerak melalui usus besar, membatasi jumlah air yang diserap kembali ke dalam tubuh anda dan membuat tinja menjadi lunak”.
Melakukan olahraga aerobik seperti bersepeda juga membantu mempercepat pernafasan dan detak jantung, yang membantu untuk merangsang kontraksi otot usus lebih teratur. “Seperti halnya mencegah anda dari perasaan kembung dan melindungi terhadap kanker usus,” jelas Dr Raimundo.
3. Hemat biaya Transportasi
Untuk alasan yang satu ini sudah pasti dan sangat jelas, Menurut badan riset transportasi di Inggris, biaya tahunan kepemilikan mobil di Inggris adalah sekitar £ 5869, yang paling besar adalah biaya bahan bakar.
Bandingkan saja dengan harga bahan bakar tiap liternya berapa, bandingkan dengan keringat yang kita keluarkan dengan bonus sehat.
Dinegara-negara besar yang tidak mempunyai hasil alam untuk di olah menjadi bahan bakar, bahan mentah bahan bakar didapat dari negara lain. Dan tentunya negara yang bersangkutan kadang sangat tergantung dengan negara pengexport minyak bahkan harus berhutang. Tidak ada salahnya kita mulai memikirkan bagaimana jika cadangan minyak kita mulai menipis, saatnya bersepeda dan membatu mengurangi konsumsi bahan bakar berlebihan.
4. Solusi Diet
Impian bagi setiap orang mendapatkan berat badan yang ideal, obesitas sangat menjadi momok bagi banyak orang, berat badan berlebih rentan terhadap penyakit.
Psikolog olahraga menemukan bahwa tingkat metabolisme tubuh – dapat di efisienkan dengan yang membakar kalori dan lemak.
Pembakaran kalori dan lemak, tidak hanya terjadi ketika anda bersepeda tapi setelah istirahat setelah bersepeda hal tersebut masih terjadi.
“Bahkan setelah bersepeda selama 30 menit Anda bisa membakar dengan jumlah yang lebih tinggi dari total kalori selama beberapa jam setelah anda berhenti,” kata Mark Simpson Loughborough University.
Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan berpikir untuk melakukan joging diluar rumah, mungkin ini adalah cara awal untuk memulai diet dengan berolahraga.
Tapi saat melakukan joging ternyata tidak dapat maksimal membakar lemak, pikirkan tentang hal ini: dua sampai tiga kali berat badan anda menjadi beban melalui tubuh anda ketika kaki langsung menghentak tanah.
Sebaliknya, mulailah bersepeda – sebagian besar berat badan anda diambil dan ditahan oleh sadel sehingga kerangka tubuh dan sendi anda tidak mengalami kontak langsung dengan tanah.
Salah satu keuntungan yang paling menarik dari bersepeda untuk tujuan kesehatan dan kebugaran adalah anda menggabungkannya dengan bersepeda menuju tempat kerja (bike to work), datang lebih awal dan merasa bugar tiba ditempat kerja.
Anda juga akan menjadi lebih bugar dari hari ke hari tanpa latihan fisik yang berat, dan merasa dan tampak lebih muda. Menurut Forum Nasional Penyakit Jantung Koroner Foundation di Amerika Serikat, orang yang rutin bersepeda biasa menikmati tingkat kebugaran sama dengan yang orang 10 tahun lebih muda. Sangat luar biasa keajaiban dan manfaat dari bersepeda.
5. Save The Earth (selamatkan bumi)
Go Green, semoga itu tidak hanya menjadi semboyan bagi kebanyakan orang. Mulailah dengan bersepeda, dengan hal kecil tersebut anda berkontribusi besar dalam peranan menyelamatkan bumi yang semakin penuh dengan polusi.
Dibutuhkan kurang lebih 5% material mobil untuk membuat sepeda, padahal sepeda adalah nol polusi. Bisa dibanyangkan 1 buah mobil bisa membuat berapa sepeda.
Polusi menjadi momok diberbagai kota besar, jalanan penuh sesak udara sangat kotor efek tidak hanya pada tubuh kita tapi pada bumi tempat tinggal kita hidup. Jadi tunggu apa lagi mulailah bersepeda dan selamatkan Bumi.
Dari 5 alasan yang sudah kami uraikan, anda tentu dapat mengambil kesimpulan sendiri mengenai keuntungan bersepeda. Mulai dari manfaat fisik, keuangan dan tentunya lingkungan. Happy Cycling, Tetap Gowesss……
Sumber CyclingPlus

www.alanhendrawan.com
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog