Taiwan Bawa Teknologi Hijau ke Indonesia

altTidak kurang dari 27% dari kebutuhan pangsa pasar global dipasok oleh Taiwan.


Negara ini pun memimpin produksi global chip LED yang biasa ditemui dalam produk penerangan dan display.  Selain itu, Taiwan juga merupakan negara penghasil sel surya terbesar kedua di dunia, tepat di belakang Cina dan telah menyalip produksi Jepang, Jerman dan Amerika Serikat. 

Menurut survei dari International Institute for Management and Development, daya saing Taiwan dalam bidang green technology menempati peringkat keenam dari 58 negara negara maju di dunia dan menempati urutan kedua setelah Jepang untuk kawasan Asia. Hal ini menunjukkan besarnya potensi green technology dari negara kepulauan ini.

Dalam survei tersebut, Taiwan mencatatkan nilai 6,7 dari total 10 dalam kategori green technology, lebih tinggi dari negara Asia lainnya termasuk Singapura (14), Korea Selatan (15) dan Hong Kong (31). 

"Merek Taiwan telah lama menerapkan ‘inisiatif hijau’ dan telah mengadopsi green technology dalam membuat produk ramah lingkungan." kata James K Chen (Direktur TAITRA Jakarta). "Program Taiwan Excellence yang sedang berlangsung saat ini menghadirkan bagi konsumen Indonesia produk-produk dari 30 merek Taiwan yang andal, terpercaya dan inovatif, termasuk Chimei, Acer dan ASUS."

Kementerian Perekonomian Taiwan  (MOEA) telah mendorong perkembangan industri hijau sejak tahun 2006. Baik para produsen yang telah mapan maupun para perusahaan start-up kini tengah berinvestasi besar-besaran dalam teknologi ini. 

Selain pengembangan energi terbarukan dan konservasi energi, MOEA juga gencar mem­promosikan pola produksi yang bersih dengan memanfaatkan teknologi hi­jau, menyediakan dukungan keuangan dan bantuan teknis kepada konsorsium per­usahaan untuk menerapkan teknologi hijau. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan produk dan jasa yang lebih ramah lingkungan, sepanjang  rantai pasokan.
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog