Tips agar terampil dalam bercerita

Keterampilan atau kepiawaian dalam bercerita dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang presenter. Kalau kamu amati para presenter di televisi atau yang kitadengarkan di radio, mereka adalah orang-orang yang terampil bercerita. Keterampilan bercerita dapat ditingkatkan dengan berlatih sesering mungkin. Untuk mengasah keterampilan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
 
(1) penguasaan dan penghayatan isi cerita,
(2) tempat dan posisi ketika bercerita,
(3) vokal, yang meliputi intonasi serta warna suara ketika bercerita,
(4) ekspresi ketika bercerita.

Penguasaan dan penghayatan cerita ini mencakup antara lain jalan cerita, sifat-sifat tokoh, pokok persoalan, dan pesan yang ada dalam cerita. Tempat dan posisi yang enak dapat membuat kamu leluasa bergerak dan berekspresi. Dengan vokal atau suara yang bervariasi,intonasinya yang tidak monoton pendengar atau penonton bisa terbantu untuk menggambarkan dan mengimajinasikan karakter tokoh yang mendukung cerita itu dan peristiwa yang terjadi dalam cerita itu dibenaknya. Selain itu, ekspresi karakter tokoh yang diwujudkan dalam suara dan gerak secara baik akan membuat cerita yang kamu bawakan sangat menarik. Bercerita dengan hafal atau setengah hafal cerita yang kamu bawakan juga dapat membantu kelancaranmu dan penghayatanmu tidak terganggu. Dengan demikian, penampilanmu bisa maksimal.
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog