Struktur & Isi Biografi


Struktur & isi Biografi - Pernahkah anda membaca biografi? Atau anda sudah mempunyai Biografi? Dalam artikel Struktur & isi Biografi ini kita akan membahas mengenai Apa sih Arti ( Pengertian / Definisi ) Biografi, Struktur maupun isi dari biografi merupakan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Ada juga riwayat hidup pribadi seorang tokoh yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut yang dikenal dengan autobiografi. ( definisi autobiografi )

Biografi memuat identitas tokoh, peristiwa yang dialami tokoh, karya tokoh, penghargaan yang diterima tokoh, dan permasalahan yang dihadapi tokoh. Biografi juga memuat perjalanan hidup tokoh tersebut. Isi yang dapat diidentifikasi dalam biografi sebagai berikut.

1. Pelaku
Pelaku merupakan tokoh utama yang ditulis biografinya. Pelaku ini mencakup identitas pribadi (curriculum vitae) tokoh. Identitas tersebut menyangkut nama, tempat tanggal lahir, latar belakang keluarga, riwayat pendidikan, riwayat organisasi yang diikuti.

Contoh:
Nama : Sutan Syahrir
Tempat, tanggal lahir : Padang Panjang, 5 Maret 1909
Latar Belakang Keluarga
Ayah : Mohammad Rasyad yang bergelar Maha Raja Sutan
Pekerjaan : Jaksa Kepala
Riwayat Pendidikan




2. Peristiwa
Peristiwa menyangkut perjuangan tokoh dalam mengembangkan karier, memperjuangkan hidup, atau peristiwa yang dialami tokoh
dalam 1menggapai kejayaan.

Contoh:
Peristiwa yang membuat Sutan Syahrir berjuang melawan penjajah berupa keaktifannya mengikuti pergerakan nasional di Indonesia.

3. Masalah
Masalah ini berkaitan dengan hambatan, tantangan yang dihadapi tokoh. Selain itu, masalah juga menyangkut kendala yang dihadapi tokoh dalam mencapai tujuan tertentu.

Contoh:
Sutan Syahrir harus menjalani masa-masa sulit ketika ditahan. Beliau harus menjalani kehidupan berat ketika di pembuangan, Boven Digul. Akan tetapi, beliau mampu membuat karangan yang berjudul Indonesische verpeinsingen (Renungan Indonesia).

Demikian artikel "Struktur & Isi Biografi" ini saya susun teman teman. semoga apa yang telah kita pelajari beberapa saat yang lalu dapat bermanfaat untuk kita semua.

Artikel ini saya ambil dari Buku Bahasa Indonesia ( BSE ) " Terampil Berbahasa Indonesia 2 " karangan Gunawan Budi Santoso, Wendi Widya R.D, Uti Darmawati. Semoga Apa yang mereka tulis dapat dicerna oleh teman teman semua ^_^
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog