Iran Unjuk Kekuatan Senjata 'uji coba rudal iran'

  • Uji Coba Rudal Tercepat di Dunia
TEHERAN - Iran Senin kemarin mengumumkan uji coba rudal baru dalam beberapa hari mendatang. Hal itu dilakukan setelah Republik Islam itu berhasil menembakkan rudal bawah air berkecepatan tinggi Minggu lalu. Rudal tersebut mampu menghancurkan kapal perang dan kapal selam besar.

Uji coba-uji coba itu dilakukan selama latihan perang Pengawal (Garda) Revolusioner elite Iran di Teluk dan Laut Arab sejak Jumat lalu. Uji coba penembakan rudal itu dilakukan saat ketegangan negara itu dengan AS meningkat soal program nuklir Teheran.

''Rudal bawah air buatan Iran memiliki kecepatan 223 mil per jam,'' kata Jenderal Ali Fadavi, wakil komandan AL Pengawal Revolusioner.

Rudal baru tersebut lebih cepat tiga atau empat kali dibandingkan torpedo dan sama cepatnya dengan rudal bawah air yang terkenal paling cepat di dunia, VA-111 Shkval buatan Rusia, yang dikembangkan tahun 1995. Belum diketahui apakah rudal Iran itu, yang belum diberi nama, didasarkan pada Shkval.

''Rudal itu merupakan hulu ledak sangat hebat yang dirancang untuk menghancurkan kapal selam besar. Meski sensor kapal perang musuh mengetahui rudal tersebut, tak satu pun kapal perang bisa luput dari rudal ini karena kecepatannya yang sangat tinggi,'' kata Fadavi kepada televisi pemerintah. Belum jelas apakah rudal penghancur kapal itu bisa membawa hulu ledak nuklir.

 
Pasukan pembawa rudal iran

Tingkatkan Kekhawatiran
Persenjataan baru itu bisa meningkatkan kekhawatiran tentang kekuatan laut Iran di Teluk. Selama perang dengan Irak pada 1980-an, pasukan Iran menyerang tanker minyak dari Kuwait dan Arab Saudi. Hal itu mendorong dilancarkannya operasi laut AS besar-besaran untuk melindungi mereka. Armada kelima AL AS ditempatkan di Bahrain, Teluk.

Komander Jeff Breslau dari Armada V mengatakan tidak ada langkah khusus yang diambil oleh pasukan AS di Bahrain sebagai reaksi atas latihan perang Iran, bahkan setelah uji coba rudal terbaru itu.

''Mereka bisa mengadakan latihan kapan pun mereka mau dan mereka sering melakukannya, seperti juga kami. Kami mengadakan latihan di seluruh kawasan itu,'' katanya kepada kantor berita Associated Press via telepon.

 
Ilmuan rudal iran

Jumat lalu, hari pertama latihan perang, Iran melakukan uji tembak rudal Fajr-3. Rudal itu bisa menghindari radar dan menghantam beberapa sasaran secara serentak dengan menggunakan banyak hulu ledak. Pengawal Revolusioner menyatakan uji coba tersebut sukses.

Lebih dari 17.000 personel Pengawal Revolusioner ikut andil dalam manuver satu pekan itu. Minggu lalu, tentara para berlatih menyerang posisi-posisi musuh, dan kapal perang, jet tempur, helikopter, dan peralatan elektronik canggih digunakan dalam latihan-latihan lain.

 
Iran dan Rudalnya

Kesiapan Tempur
Iran, yang memandang AS sebagai musuh bebuyutan dan khawatir tentang kehadiran militer Amerika di Irak dan Afghanistan, menyatakan manuver itu dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan pertahanan Pengawal Revolusioner.

Iran rutin mengadakan latihan perang selama dua dasa warsa terakhir. Latihan itu untuk memperbaiki kesiapan tempurnya dan menguji coba peralatan buatan sendiri seperti rudal, tank, dan kendaraan baja pembawa personel.

 
Barisan tentara islam Iran

Uji coba rudal dan latihan perang itu dilakukan bersama dengan meningkatnya ketegangan antara Iran dan Barat soal program nuklir Teheran yang kontroversial.


Iran meluncurkan program pengembangan senjata selama perang tahun 1980-88 dengan Irak untuk mengimbangi embargo senjata AS. Sejak 1992, Iran mampu membuat sendiri tank, kendaraan baja pengangkut personel, rudal, dan pesawat tempur.(cnn-niek-26.


Sumber : Suaramerdeka.com

Tags: ,

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

3 comments

  1. ikut bangga juga kepada sebuah negara yang ber afiliasi Islam yang selalu SIAP berperang dengan siapapun juga ... asal bukan mengadakan agresi..... tetapi bagaimana keadaan negara tetangga IRAN ...? apa nggak khawatir juga yaaaa.....??? Apapun juga ... IRAN adaah negara kuat ... !!!

  2. saya sebagai bangsa Indonesia ... pasti banggak jika Indonesia juga mampu mngembangkan sistim alusista..... supaya tidak bisa di lecehkan negara kecil kurang ajar yaitu MALAYSIA ....

  3. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل



Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog