Telaga Menjer



Telaga Menjer adalah telaga yang terletak di desa Maron, kecamatan Garung. Telaga ini berjarak sekitar 2 km dari ibukota kecamatan Garung. Dinamakan telaga menjer karena desa Maron sebenarnya merupakan desa baru yang dulunya merupakan wilayah desa menjer.


Telaga Menjer adalah telaga yang terbentuk akibat dari letusan vulkanik di kaki gunung Pakuwaja. Dulunya air ditelaga itu hanyalah dari beberapa mata air kecil di skitar telaga dan juga mengandalkan curah hujan yang cukup tinggi didaerah ini.

Pada zaman penjajahan Belanda dengan akan dibangunnya PLTA Garung dibawah telaga tersebut, maka dibendunglah sebagian sungai Serayu yang berada di sebelah utara desa Jengkol. Kemudian dialirkan melalui terowongan bawah tanah sepanjang ±7km dibawah perkebunan teh PT. Tambi yang berada di sebagian wilayah desa Kreo dan desa Tlogo.

Untuk mengalirkan air dari telaga ini menuju PLTA, dibendunglah sebagian kecil dari telaga dan dibawahnya dipasang pipa dengan diameter mencapai ±3m menuju ke PLTA yang berjarak sekitar 2km. Mengenai mitos terjadinya akan kami tambahkan dikemudian hari
All about kabupaten wonosobo

Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog