Anatomi SEL eukariotik


Ilmu anatomi adalah ilmu yang khusus mempelajari tentang struktur (penyusun, komponen, and sejenisnya) suatu benda. Dalam hal ini kita sedang berada di bagian sel. Jadi anatomi sel berarti mempelajari tentang struktur dan penyusun sel itu sendiri.



Cuman tu aja dulu gih…hee
Nah, selanjutnya kita akan mulai membahas tentang anatomi sel. Tapi untuk kali ini, yang kita bahas tentang anatomi sel hewan dan tumbuhan tingkat tinggi (eukariotik). Mengenai sumbernya, saya agak lupa. Yang jelas banyak banget….
Berikut ilustrasinya…
Sel Hewan
 
Sel Tumbuhan
 
Kalo diliat dari gambar diatas, struktur sel adalah sebagai berikut. Oiya, istilah bagian penyusun sel itu adalah organel. Nih dia organel  penyusun ntu…
  • Inti sel (Nucleus)
Pada inti sel ini, terdapat bagain” seperti berikut:
  1. Anak inti (Nukleolus) : fungsinya sebagai tempat memproduksi ribosom
  2. Benang-benang kromatin (Chromatin) : waktu pemebelahan, benang” ini akan berkumpul menyatu menjadi kromosom.
  3. Pori-pori inti (Nuclear Pore) : fungsinya sebagai jalan keluar masuknya zat” dan bahan” dari dan ke dalam inti sel.
  4. Bungkus inti (Nuclear Envelope) : fungsinya pasti buat mebungkus inti sel. Wong namanya saja bungkus. Ntar temen” bisa membuat pengertian sendiri. Pasti tau kok. Maksudnya biar g fokus ma pendapat orang.
  • Sitoplasma (Cytoplasm)
Merupakan cairan yang terdapat di dalam sel, kalo cairan yang terdapat di dalam inti sel dinamakan nukleoplasma. Sifatanya koloid alias gak padat dan gak cair. Most of it disusun oleh air. Fungsinya tu sebagai pelarut zat-zat kimia serta sebagai media terjadinya reaksi kimia sel.
  • Mitokondria (Mitochondrion)
Disebut juga ”The Power Of House”. Julukan itu dikasi karena fungsinya untuk menghasilkan energi dari rangkaian kegiatan respirasi. Hasil dari kegiatan respirasi itu nantinya berbentuk ATP (energi).
  • Kompleks golgi (Golgi Complex)
Fungsi organel ini lumayan banyak kalo dijabarin tapi intinya adalah berfungsi pada proses ekskresi sel, pembentukan dinding sel, dan pembentukan lisosom. Tau kan apa itu ekskresi?? Hee..
  • Retikulum endoplasma (Endoplasmic Reticulum)
Kalo diliat kembali pada gambar di atas, RE banyak memakan tempat di dalam sel. Hampir separuh ruang di dalam sel di duduki olehnya (Heee…kayak penjajah aja tu bahasanya). Lanjuuuut,,,truss, kalo diliat lagi, model dari RE tu akan membentuk seperti labirin. Tau labirin kan??? Temen” bisa mengartikannya labirin sebagai sebuah lubang, jalur, lorong, jalan, saluran…and etc. What ever you want…yang pasti g boleh keluar dari makna itu. Nah, fungsi dari RE ini kalo diliat dari ilustrasi tadi adalah untuk membantu substansi” tertentu bisa disampaikan dari organel satu ke yang lainnya di dalam sel. Alat transportasi dong??…mmm, bener banget..hee…
Oiya, RE itu terbagi menjadi dua:
  1. RE kasar (Rough Endoplasmic Reticulum) : ada benjolan dipermukaannya. Makanya dia tu kasar. Dan ternyata, benjolan itu disebut ribosom. Trus, fungsi dari RE kasar ini adalah mensintesis lemak dan kolesterol.
  2. RE halus (Smooth Endoplasmic Reticulum) : berfungsi dalam berbagai macam proses metabolisme, termasuk sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, dan penawar racun.
  • Ribosom (Ribosome)
Ribosom merupakan organel yang sangat kecil di dalam sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Trus, ribosom ntu terbagi menjadi dua ; ada yang namanya ribosom bebas (Free Ribosome)dan ribosom yang melekat pada RE kasar (ER Ribosome).
  • Membran plasma (Plasma Membrane)
Merupakan lapisan terluar dari sel. Tersusun dari senyawa Lipoprotein (gabungan dari senyawa lemak atau Lipid dan senyawa Protein). Lemak bersifat Hidrofobik (tidak larut dalam air) sedangkan protein bersifat Hidrofilik (larut dalam air), oleh karena itu selaput plasma sifatnya Selektif Permeabel atau Semi Permeabel (teori dari Overton). Fungsi dari membrane plasma ini adalah untuk melindungi bagian dalam sel dari pengaruh luar (pelindung). Selain itu juga, membran berfungsi sebagai pendukung kegiatan transportasi antar sel.
  • Sentriol (Sentriole) dan Mikrotubulus (Microtubules)
Sebagai gambaran, sentriol itu bentuknya seperti huruf V. Terletak di ujung sentromer. Fungsinya sangat vital pada saat pembelahan sel. Tapi dia juga berperan membantu sel sebagai penyokong struktural.
Bagaimana dengan Mikrotubulus??…. merupakan bagian sitoskeleton. Tersusun dari berbagai kumpulan mikrotubuli. berfungsi sebagai bagian struktural dalam sel (biar ogrganel” tetp pada posisinya) dan dilibatkan di banyak proses seluler termasuk mitosis, sitokinesis dan pengangkutan vesikular….
  • Lysosom (Lysosome)
Berupa kantong yang berisi enzim hidrolitik. Di dalamnya terdapat 40 jenis enzim hidrolitik asam seperti protease, nuklease, glikosidase, lipase, fosfolipase, fosfatase, ataupun sulfatase. Semua enzim tersebut aktif pada pH 5. Fungsi utama lisosom adalah endositosis, fagositosis, dan autofagi. (Penjelasan 3 fungsi ini akan kita bahas diarticle berikutnya ya…).
  • Dinding Sel
Nah, klo bagian yang ini meupakan cirri khasnya sel tumbuhan. Dinding sel memberikan dukungan, perlindungan dan penyaring (filter) dan sebagai pemberi bentuk sel.

Make you smile
Tags: ,

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog