Hukum Hari Raya Bertepatan Dengan Hari Jum'at


Hukum Hari Raya Bertepatan Hari Jum'atPada hari raya iedul fitri tahun ini (1431H) kembali bertepatan dengan hari Jum'ah. dua hari raya (hari raya iedul fitri/adha dan hari raya jum'at) pernah bertepatan dimasa Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam-. berkaitan dengan hukum hari raya yang bertepatan dengan hari jum'at adalah sebagai berikut :

- Keringanan Untuk Tidak Melaksanakan Sholat Jum'at.



Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- meringankan bagi orang-orang yang telah melaksanakan sholat hari raya iedul/adha pada hari jum'at untuk tidak melaksanakan sholat jum'at pada hari itu kecuali imam, karena imam tetap diwajibkan untuk mendirikan sholat jum'at. dasarnya adalah hadist dari Iyas bin Abi Romlah Asy-Syami berikut :


سَمِعْتُ مُعَاوِيَةَ ، سَأَلَ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ ، أَشَهِدْتَ مَعَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم عِيدَيْنِ اجْتَمَعَا فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ ؟ قَالَ : نَعَمْ ، قَالَ : فَكَيْفَ صَنَعَ ؟ ، قَالَ : صَلَّى الْعِيدَيْنِ ، ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ ، فَقَالَ : مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيُصَلِّ

Artinya : "Saya mendengar ketika Mu'awiyah bertanya kepada Zaid bin Arqom : apakah kamu pernah menemui dua hari raya berkumpul pada hari yang sama pada masa Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam-? Zaid berkata : iya. Mu'awiyah berkata : apa yang dilakukan beliau? Zaid berkata : Sholat ied dan memberi keringanan pada sholat jum'at, dan beliau bersabda : barang siapa yang ingin sholat (jum'at) maka sholatlah." (HR Abu Daud dan Ahmad. Imam An-Nawawi berkata : isnadnya baik)

Pada hadist diatas, Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- memberi kelonggaran bagi orang-orang yang telah melaksanakan sholat ied untuk tidak melaksanakan sholat jum'at. maka itu diperbolehkan berdasar hadist diatas.

- Anggapan Bahwa Sholat Ied Telah menggugurkan Kewajiban Sholat Dhuhur.

Anggapan Bahwa Sholat Ied Telah menggugurkan Kewajiban Sholat Dhuhur adalah anggapan yang tidak benar, karena sholat dhuhur adalah wajib 'aini dan tidak ada dalil yang menyatakan gugurnya sholat dhuhur ketika seseorang telah melaksanakan sholat ied. pada hal ini, Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- hanya memberi kelonggaran bagi yang telah melaksanakan sholat ied untuk tidak melaksanakan sholat jum'at.

- Pelaksanaan Sholat Ied Tidak Dapat Menggugurkan Pelaksanaan Sholat Jum'at.

Sebagaimana orang yang telah melaksanakan sholat ied diberi keringanan untuk tidak melaksanakan sholat jum'at dan hanya melaksanakan sholat dhuhur, akan tetapi imam tidak boleh meninggalkan pelaksanaan sholat jum'at.

http://www.artikelislami.com
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog