Jenis sakit kepala dan penyebabnya


Berikut adalah beberapa macam sakit kepala dan penyebabnya:
-    Sakit kepala sebelah atau migren. Sakit kepala ini selalu dirasakan pada salah satu sisi dan sering juga dibelakang salah satu mata.  Penyebab utamanya sih karena adanya perubahan hormonal. Dan penyakit ini lebih banyak menyerang wanita ketimbang pria.


-    Sakit kepala karena tegang.  Pastinya sakit kepala ini dikarenakan adanya ketegangan yang diakibatkan tekanan emosional, di otot leher, bahu dan tengkorak. Sakitnya selalu berawal dari kepala belakang, lalu ke depan dan merambat ke-2 sisi kepala.

-    Sakit kepala karena lapar. Perut kosong ternyata bisa juga menyebabkan kepala menjadi sakit. Jika perut terlalu lama gak diisi makanan, kadar gula bisa menurun dan akibatnya bisa mengalami sakit kepala hipoglikemik. Makan buah apel bisa membantu membawa kadar gula darah kembali normal.

-    Sakit kepala sinus. Sakit kepala satu ini gampang diketahui dari gejalanya, yaitu salah satu atau ke-2 lubang hidung tertutup dan nyeri meluas ke atas pipi dan dahi. Bagian-bagian tersebut terasa sangat peka sehingga  jika disentuh akan  terasa nyeri.


 


-     Sakit kepala alergi. Beberapa gejala yang  sering terjadi  pada penderita sakit kepala alergi adalah hidung meler, mata berair, dan kerongkongan sakit. Kemunculannya dapat ditimbulkan oleh makanan tertentu atau segala sesuatu yang bisa menimbulkan alergi.

-    Sakit kepala karena dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab terbesar sakit kepala.  Jika tubuh gak dapat cukup air maka tubuh mulai mengambil cairan yang sudah tersimpan dan mencari cara untuk mengirimkan sinyal bahwa sesuatu yang salah terjadi. Dengan minum air sesegera mungkin bisa menghilangkan rasa sakit di kepala. Usahakan minum air 8-10 gelas perhari.

-     Sakit kepala pasca-trauma. Sakit kepala ini bisa muncul karena adanya dampak dari suatu kecelakaan di daerah kepala, meski hanya terjadi sedikit cedera di kepala. Rasa sakitnya kadang-kadang muncul setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah cedera dan dapat berlangsung sampai setahun setelah trauma.

(Berbagai sumber)
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog