Tips Kurangi Keriput


asti gak mau dong ya punya kulit berkeriput, apalagi jika keriput datang lebih awal sebelum waktunya.
Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu mengurangi kerutan-kerutan pada wajah dan bagian lainnya.

-    Jangan mencuci muka terlalu sering. Membasuh muka dengan air bisa menghilangkan minya alami yang terkandung di dalam kulit dimana fungsi minyak itu untuk melindungi kulit  dari keriput.
-    Sebisa mungkin gunakan pembersih muka atau sabun yang mengandung pelembab.     


-    Lindungi kulit dengan AHA. Bahan yang memiliki AHA bisa mengangkat lapisan atau sel kulit mati, memperkecil dan mengurangi garis-garis halus serta kerutan, apalagi di sekitar mata.

-    Konsumsi vitamin C. Vitamin C, apalagi yang mengandung asam L-ascorbic, membantu meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB, membentulkan masalah pigmentasi dan meningkatkan rangsangan kondisi-kondisi kulit.

-    Banyak makan makanan yang terbuat dari kedelai. Kacang kedelai  bisa membantu  melindungi kulit dari  atau melawan penuaan kulit yang disebabkan sinar matahari. Kedelai juga bisa membantu menyembuhkan beberapa kerusakan yang mengakibatkan penuaan pada kulit akibat sinar matahari.
        Suplemen kedelai yang didalamnya mengandung vitamin, protein ikan dan ekstrak dari teh putih, biji    anggur dan tomat bisa meningkatkan struktur dan kekencangan pada kulit setelah 6 bulan.

-    Makanlah ikan, khususnya salmon. Protein yang terkandung di dalam ikan bisa membangun  penghalang, atau tameng untuk menjaga kulit agar sehat. Selain itu ikan adalah sumber penting asam lemak yang mengandung omega-3, dimana fungsinya membantu memberi nutrisi pada kulit sehingga membantu kulit tetap sehat dan muda, selain juga membantu mengurangi keriput.

-    Daripada minum kopi, lebih baik minum coklat. Coklat mengandung epicatchin dan catechin, 2 unsur penting dari dietary flavonols yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari selain juga berguna meningkatkan sirkulasi pada sel-sel kulit, mempengaruhi hydration dan juga membuat kulit terasa dan terlihat lebih lembut dan halus membuat kulit terasa dan terlihat lebih lembut dan halus.


 


-       Minumlah jus buah. Pastinya minum jus buah yang kaya akan polifenol atau yang memiliki kandungan antioksidan seperti jus apel. jus anggur, jus cranberry , jus buah delima, jus jeruk, jus nanas, jus tomat dan jus anggur putih.

-    Sebisa mungkin hindari gerakkan melirik, menjuling-julingkan mata. Menurut Akademi Dermatologi Amerika (AAD) pergerakkan wajah yang berulang-ulang, contohnya menjulingkan mata, membebani kerja otot-otot wajah, membentuk alur diatas permukaan kulit. Dan alur-alur ini pada akhirnya bisa menjadi keriput. Tetaplah membuka mata. Pakai kacamata baca (buat yang membutuhkan).  Pakai juga sunglasses untuk melindungi kulit dari sinar matahari di sekitar mata agar tidak rusak, selain itu juga berguna sebagai penghalang dari sinar matahari sehingga tidak mengerutkan mata.

-    Sebaiknya tidur dengan posisi terlentang. Karena  posisi tidur tertentu bisa mengarah pada pembentukkan garis-garis tidur seperti keriput yang membekas di permukaan kulit dan kadang belum hilang beberapa saat setelah bangun tidur. Tidur dengan posisi menyamping bisa meningkatkan kerutan atau keriput pada pipi dan dagu. Sedang tidur tengkurap bisa mengakibatkan dahi bergaris-garis atau beralur.

-       Jangan merokok. Merokok selain dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan seperti kanker, juga dapat menyebabkan timbulnya keriput. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa keriput dini akan meningkat karena konsumsi rokok serta jangka waktu kebiasaan merokok tersebut. Perokok berat terlihat memiliki lima kali lebih banyak keriput dibandingkan yang bukan perokok. Para peneliti menduga bahwa merokok akan mempercepat terjadinya keriput karena merusak lapisan kolagen. Gerakan mulut saat merokok juga akan menimbulkan/memperburuk kerutan di sekitar mulut.

-       Pemakaian jeruk nipis ternyata bisa juga mencegah kulit keriput. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia alami, yang antara lain adalah limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, dan asam sitrat yang berfungsi mengencangkan kulit wajah anda. Caranya cukup dengan menggunakan perasan air jeruk ditambahkan 1 sm minyak kayu putih dan 1/4 sendok kapur sirih.

(berbagai sumber)
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

0 comments

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog