Istilah-istilah dalam Pelajaran TIK

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzlzVoBGLdZwS58oXCoP6deA-y-lCrhwGQH7gUKkzpNgNn-LDL-Cg5z_kPhDKhcXr9z0oKx9NByRymWtswWH8X3RnmPYoljxfdh86u0C_rcoCgUQYjkJXcixyw-iudWt6jSvS0h6N8w-GF/s400/www.alanhendrawan.com.jpg

Disini kami sajikan pengertian –pengertian atau definisi-definisi yang sering kita temui di dalam pelajaran TIK ( teknologi informatikan dan komunikasi ) silahkan Anda lihat di bawah ini :

·      Analog Sinyal
Gelombang elektromagnetik yang sinambung, memiliki kemampuan untuk dipancarkan melalui bermacam-macam media dan jangkauannyajauh lebih besar daripada sinyal digital.
·      Anti Virus
Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu driveapakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.
·      ARPANET
Jaringan komputer yang dikembangkan dengan bantuan Advanced Research Project Agency, merupakan cikal bakal dari Internet.
·         Assembly
Proses penerjemahan Program yang ditulis dengan bahasa pemrograman simbol ke dalam bahasa mesin.
·      ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Sebuah pengembangan teknologi lanjutan di bidang telekomunikasi, yang menggunakan saklar secara perangkat keras untuk membuat saluran langsung sementara antara dua tujuan, hingga data dapat pindah di kecepatan tinggi. Data dibawa dalam suatu unit dengan panjang tertentu yang disebut cell (1 cell = 53 octet).
·      Attachment
Fasilitas pada sebuah Program e-mail baik Program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
·      CDMA (Code Division Multiple Access)
Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.
·      Chatting
Layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini biasanya bisa melalui sebuah situs atau dengan meng-install sebuah aplikasi khusus untuk ber-chat-ria. Biasanya layanan ini digunakan untuk ajang kenalan, mencari teman baru, hingga menjadi solusi komunikasi murah dan mudah.
·      Chips
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.
·      Client-Server
Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya (server atau mainframe). keterangan
·      Cracker (hacker jahat)
Hacker yaitu orang yang senang dan menguasai komputer dan internet secara mendalam sehingga mampu mengetahui keamanan komputer dan jaringannya. Hacker yang jahat disebut cracker yaitu orang yang memaksa masuk ke satu sistem komputer secara ilegal. Terkadang cracker mengganggu dan menimbulkan kerusakan pada sistem yang dimasuki.
·      Crash
     Istilah untuk menggambarkan sistem komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja karena adanya masalah dan harus di-boot ulang. DARPA Badan pemerintah Amerika Serikat di bawah departemen pertahanan yang mengembangkan DARPAnet, cikal bakal jaringan Internet.
·      Digital Computer
Komputer yang melakukan pengolahan data dengan menghitung bukan dengan melakukan pengukuran seperti yang dilakukan komputer analog.
·      DoS (Denial of Service)
Serangan terhadap sistem komputer dengan cara mengacaukan fungsi normal dari sebuah sistem. Sehingga dengan demikian virus/hacker yang menyerang dapat masuk ke dalam sistem komputer tanpa melalui akses resmi sesuai prosedur. Umumnya hacker melakukan serangan DoS ini dengan cara menghancurkan atau memodifikasi data atau juga dengan menyebabkan overloading pada sistem server hingga layanan pada user resmi, dicabut atau ditunda.
·      E-mail
Surat menyurat melalui Internet. Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja.
·      Mailbomb
Kegiatan pengiriman sejumlah besar e-mail ke sebuah alamat e-mail yang bermaksud untuk memenuhi kuota server mail tersebut.
·      Mailing list
Sebuah forum diskusi di Internet dengan menggunakan e-mail. Satu pesan dari seorang anggota akan diterima oleh semua anggota.
·      Teleconferencing Konferensi (rapat) jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geogafis.
·      Very Large Scale Integration (VLSI)
Teknologi ini memungkinkan untuk memproses sinyal sampai tingkat baseband di satelit.
·         Sistem Operasi
Merupakan program dasar yang harus ada agar komputer dapat mengolah data yang diinput.
·         Skeduling Task
Tugas-tugas yang dijadwalkan untuk dilakukan oleh komputer secara rutin. Misalnya setiap hari jam 08.00 komputer akan melakukan proses scanning data.
·         BIOS
Kependekan dari Basic Input Output System. Sekumpulan instruksi paling dasar untuk mengidentifikasi susunan hardware komputer dan menghubungkannya dengan sistem operasi.
·         Screen Saver
Layar bergerak yang muncul secara otomotis ketika komputer tidak digunakan. Screen saver akan menutupi tampilan desktop beserta objek-objek di dalamnya.
·         Lisensi
Surat izin penggunaan program. Lisensi tersebut ada yang gratis dan ada yang            berbayar.
·         Mulitasking
Kemampuan komputer untuk menjalankan program lebih dari 1 dalam waktu yang bersamaan.
·         Full Screen
Tampilan layar yang memenuhi seluruh area desktop.
·         Upgrade
  Meningkatkan kemampuan dan fasilitas program yang digunakan.
·         Storage
Alat-alat yang digunakan untuk menyimpan data. Di antaranya adalah Harddisk, USB Disk, Disket, CD, dan Memori Card.
·         Instalasi
Proses penanaman program ke dalam harddisk komputer. Sehingga program tersebut dapat langsung dijalankan oleh komputer.
·         Password
Kata atau deretan kode rahasia yang menjadi kunci untuk membuka file, program atau sistem tertentu.
·         Processor
Perangkat pengolah atau pemroses data pada komputer. Disebut juga microprosesor
·         Input hardware
Bagian dari komponen komputer yang berfungsi memasukkan data Output
·         hardware
Bagian dari komponen komputer yang berfungsi sebagai media keluaran ataumenampilkan hasil yang diproses
·         Storage
Bagian dari perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data
·         Wireless
Jaringan tanpa kabel atau disebut juga dengan nirkabel
·         Projector
Alat yang berfungsi memproyeksikan atau memancarkan dari komputer ke layar atau screen projector
·         IDE
 IDE: Integrated Drive Electronics, salah satu jenis hard disk
·         SATA
Serial Advanced Technology Attachment, salah satu jenis hard disk
·         Blue Ray
Format digital video yang dikeluarkan oleh perusahaan Sony yang berkapasitas besar
·         LCD
Liquid crystal display
·         CRT
Cathode ray tube
·         Plotter
Alat cetak seperti printer dengan ukuran besar. Umumnya digunakan untuk mencetak gambar teknis atau rancang bangun. Dapat juga mencetak gambar atau banner berukuran besar
·         RPM
Rotate per minute yakni satuan kecepatan pada hard disk
·         Burn
Istilah perekaman data pada compact disc
·         BIOS
Basic input output software yakni software yang ditanam pada motherboard yang berfungsi mengkomunikasikan peralatan komputer dengan system operasi
·         Browsing
Kegiatan menjelajah suatu jaringan komputer atau internet.
·         Chatting
Kegiatan saling berbincang melalui jaringan komputer.
·         Create
 Membuat sesuatu.
·         Copyleft
Jaminan hukum untuk melindungi suatu perangkat lunak bebas, sehingga bila suatu saat perangkat lunak tersebut dikembangkan tetap akan menjadi perangkat lunak bebas.
·         Copyright
Hak cipta, yaitu hak jaminan hukum terhadap suatu karya yang diciptakan. Distro Distribusi dari platform Linux.
·         Download
Dikenal juga dengan unduh, yaitu istilah yang digunakan untuk mengambil data dari jaringan komputer.
·         e-mail
Fasilitas surat-menyurat di internet.
·         Entrepreneur
 Jiwa wirausaha.
·         Folder
 Direktori untuk meletakkan file.
·         Freeware
Perangkat lunak yang dapat digunakan tanpa perlu membayar sama sekali, namun kode sumbernya tidak dapat dilihat maupun diubah.
·         Free Software
Perangkat lunak yang memiliki tujuan agar setiap orang dapat mendapatkan manfaat dari perangkat lunak secara bebas sehingga setiap orang dapat menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja perangkat lunak.
·         Hardware
 Perangkat keras yang bisa dilihat, dipegang, dirasakan.
·         Install
Memasangkan suatu perangkat keras maupun lunak ke suatu tempat.
·         Maximize
 Memaksimalkan tampilan jendela aplikasi hingga penuh satu layar.
·         Messenger
Sarana untuk saling mengirimkan pesan.
·         Minimize
 Menutup tampilan jendela aplikasi dan memindahkannya ke taskbar.
·         Open source
 Istilah untuk Program komputer yang tersedia kode sumber (source code)  Programnya   seperti Free Software, yang dapat dipelajari, diubah atau diperbaiki, dan disebarluaskan  tanpa harus membayar izin kepada pemilik hak ciptanya.
·         Project
Sama dengan istilah proyek.
·         Proprietary
 Istilah untuk Program komputer yang bukan Free Software dan tidak Open Source, sehingga tidak dapat dipelajari, diubah atau diperbaiki, dan disebarluaskan tanpa izin kepada pemilik hak ciptanya.
·         Reboot
 Proses mematikan komputer dan menghidupkannya kembali secara otomatis.
·         Restart
 Sama dengan istilah reboot.
·         Root
Pengguna yang memiliki hak tidak terbatas pada penggunaan komputer (sama ) juga dengan istilah admin).
·         Shareware
Perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bisa digunakan selama batas waktu tertentu tanpa harus membayar. Jika sesudah waktu tersebut berlalu dan pemakai bermaksud tetap menggunakannya, maka ia perlu membayar kepada pembuat perangkat lunak tersebut.
·         Standby
Suatu kondisi atau keadaan siap diaktifkan setiap saat dengan tujuan menghemat energi atau daya pada suatu perangkat elektronik.
·         Update
Istilah untuk memperbarui software, bisanya karena ada perbaikan atau peningkatan  kemampuan software.
·         Upgrade
Istilah yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan suatu perangkat, biasanya   mengganti dengan yang baru atau menambahkan kualitas atau kuantitasnya.
·         Upload
Dikenal juga dengan unggah, yaitu istilah yang digunakan untuk mengirimkan atau  meletakkan data ke jaringan komputer.
·         User
Pengguna dari perangkat lunak maupun perangkat keras yang sebelumnya sudah  terdaftarkan.



Semoga Istilah-istilah dalam Pelajaran TIK, ada manfaatnya

DOWNLOAD MATERI INI
Tags:

About

Thank you for your visit in my blog, you can access subtitle in this blog. If you need subtitle you can request in my contact or comment in one of article. Author : Alan Hendrawan

3 comments

  1. wah bos tulisanya ga bisa di baca,lodingya berat neh

  2. Maaf gan, ini emang saking banyaknya isinya

  3. wah sudah lama tak kemari ada yang baru dengan domainnya.
    makin mantap saja sob.

    yang di atas bagus juga tuh buat media pembelajaran.

Leave a Reply

Thank you for your comment in my blog